Langsung ke konten utama

Sejarah Singkat Lahirnya ISMKMI



Didorong oleh adanya keinginan luhur dan sadar akan peranan, kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai warga negara serta dilandasi oleh tridarma perguruan tinggi untuk membentuk himpunan mahasiswa kesehatan masyarakat se–Indonesia dalam suatu wadah yang berfungsi sebagai suatu sarana untuk bertukar pandang dan pikiran guna memecahkan persoalan-persoalan yang timbul didalam masyarakat dan dunia ilmiah, khususnya dalam pembangunan kesehatan nasional yang semakin kompleks di wilayah negara Republik Indonesia sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam ilmu kesehatan masyarakat . Yakin sepenuhnya bahwa pengabdian dan perjuangan mahasiswa kesehatan masyarakat Indonesia hanya dapat berhasil berkat rahmat dan hidayah Tuhan Yang Maha Esa serta usaha yang teratur, tearah dan terencana maka lahirlah ide yang mengilhami kami untuk secara tulus dan ikhlas menghimpun diri didalam suatu ikatan yakni Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia yang selanjutnya disingkat ISMKMI.
Untuk mewujudkan ide tersebut bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan lebih dari sekedar kerja keras yang melelahkan dalam waktu yang cukup panjang. Atas inisiatif dari senat mahasiswa kesehatan masyarakat Universitas Hasanuddin, maka mulailah direalisir rencana tersebut tahap demi tahap. Mula-mula SEMA FKM Unhas mengirim dua orang utusannya pada pertengahan tahun 1989 sebagai langkah awal dalam mengadakan penjajakan pembentukan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia. Utusan tersebut masing-masing sahabat Andi Mansur dan sahabat Fachruddin yang mengadakan kunjungan kampus keberbagai univesitas yang membina FKM dan PSKM.
Dari kunjungan kampus di Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Airlangga Surabaya diperoleh hasil yang sangat memuaskan serta adnya dukungan dari mahasiswa FKM dan PSKM-FK mengenai rencana pembentukan tersebut.
Maka pada akhir tahun 1989, kurang lebih 25 orang mahasiswa kesehatan masyarakat Universitas Hasanuddin kembali mengadakan pertemuan dan seminar ilmiah di FKM-UI, PSKM FK-UNDIP, PSKM FK-UNAIR, FK UDAYANA, FK UGM dalam mkisi studi perbandingan Jawa-Bali yang tujuanny7a tiada lain untuk mencari persamaan persepsi baik terhadap mahasiswa kesehatan masyarakat maupun terhadap mahasiswa kedokteran untuk kelancaran rencana pem,bentukan ikatan senat yang dimaksud.
Pada tahun 1990 SEMA FKM Unhas mengutus kembali dua orang yaitu sahabat Lukman Waris dan sahabat Asriful untuk sesegera mungkin mengadakan kunjungan dikampus PSKM FK-USU, PSKM FK-UNDIP, PSKM FK-UNAIR, dan FKM UI guna mengadakan konfirmasi waktu dan tempat pelaksanaan Musyawarah Nasional I Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (MUNAS I ISMKMI).
Dari hasil-hasil pertemuan yang diadakan diberbagai tempat tersebut, maka diperoleh kesepakatan bahwa semua PSKM dan FKM yang ada di Indonesia membebankan tanggung jawab kepada SEMA FKM Unhas sebagai pelaksana Munas I ISMKMI di Ujung Pandang (sekarang Makassar). Pada pertengahan tahun 1991 terbentuklah p-anitia pelaksana Munas I ISMKMI dari Senat Mahasiswa FKM Unhyas. Maka mulailah direalisasikan rencana tersebut dengan terlebih dahulu mengutus dua orang panitia, yaitu sahabat Andi Mansur dan Sahabat Lukman Waris keberbagai Universitas yang membina FKM dan PSKM guna mengkonfirmasikan waktu dan teknis pelaksanaan Munas I ISMKMI. Akhirnya dari konfirmasi bersama disepakati bahwa Munas I ISMKMI akan dilaksanakan pada tanggal 23-26 Desember 1991 di Ujung Pandang.
Pada tanggal 21-22 Desember 1991 telah diadakan rapat pendahuluan yang diberi nama Pra Munas I ISMKMI yang dihadiri oleh :
  • Senat Mahasiswa FKM Universitas Indonesia yang diwakili anatara lain oleh Bambang K., Jamaluddin Insan, Ede Surya Darmawan dan Dono Widiatmoko.
  • Senat Mahasiswa PSKM FK Universitas Airlangga yang diwakili antara lain oleh Henny Kushardiani, Andik Ochman, Nurmah Indrajati, dan Bagus Widianto
  • Senat Mahasiswa FK Universitas Diponegoro yang diwakili anatara lain oleh Nurul Hilal, Carol Constantia, Heru Pujiono, dan M. Khoitul Hidayat.
  • Senat Mahasiswa FKM Universitas Hasanuddin yang diwakili antara lain oleh Ilyas, Asriful, Marwan Baits, dan Aminuddin Syam.
Dalam pertemuan yang diwarnai suasana persudaraan dan keakraban, maka lahirlah rumusan :
  • Tata Tertib Munas I ISMKMi
  • Agenda Acara Munas I ISMKMI
  • Tata Tertib Persidangan Munas I ISMKMI
Peserta pertemuan ini dihadiri o0leh semua SEMA FKM dan PSKM-FK se-Indonesia, kecuali PSKMJ FK-USU. Sebagaimana pertemuan-pertemuan lainnya, pertemuan ini diwarnai dengan perbedaan pendapat dan adu argumentasi, namun dengan semangat kekeluargaan, perbedaan tersebut masih tetap berlangsung dalam batas kewajaran dan tidak mengarah kepada perpecahan dan pertentangan. Pada akhirnya semua ddelegasi yang mewakili FKM dan PSKM se-Indonesia yang hadir memutuskan :
  • Menyetujui usulan proyek panitia pelaksana dan siap melaksanakan Munas I ISMKMI di Ujung Pandang
  • Menyusun Draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ISMKMI
  • Menyempurnakan Tata Tertib Munas I ISMKMI dan tata tertib persidangan seerta Agenda Acara Munas I ISMKMI
Sehingga pada Munas pertama tersebut terpilihlah Saudara Asriful sebagai Sekretaris Jenderal ISMKMI yang pertama untuk periode 1991-1993 dan selanjutnya untuk menghormati perjuangan sahabat-sahabat perintis ISMKMI lainnya, maka tanggal 24 Desember diperingati sebagai hari lahirnya ISMKMI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo ISMKMI

LOGO ISMKMI

VISI & MISI ISMKMI

VISI-MISI SEKJEND ISMKMI PERIODE 2013-2015   VISI “—Menjadikan ISMKMI sebagai IOMS ujung tombak dalam proses Pembangunan Nasional khususnya dalam bidang Kesehatan Masyarakat.”   MISI Menjadikan kesatuan Institusi Kesmas menjadi landasan arah gerak. Menjadikan ISMKMI organisasi yang berperan optimal dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Memberikan ISMKMI dan anggotanya Kemanfaatan.

KWU ISMKMI OPEN PO

[KWU ISMKMI OPEN PO] hai para Public Health Fighter! Ngaku cinta ISMKMI? Tiap kegiatan bingung mau pakai baju apa? Kami punya solusinya! 🌈 KWU ISMKMI menyediakan : Baju PDH ISMKMI (kemeja) UNGU : untuk pengurus ISMKMI (money)Panjang 120k (money)Pendek 115k dengan ukuran >> M 54x74 L 56x76 XL 58x78 XXL 62x80 Untuk pemesanan lebih lanjut hubungi Kadiv Danus tiap wilayah for more information Windra - 082186554175 (Nasional) regipj - 082284189924 (kwu wil.1) Close order : 10 Agustus 2018 [FORMAT PEMESANAN] 1. Nama: 2. Wilayah dan asal institusi: 3. Ukuran : 4. Panjang/pendek: 5. Jabatan di ISMKMI : Pengurus Nasional/Wilayah/Daerah 6. Alamat : 7. No HP : ____ DIR. KEWIRAUSAHAAN IKATAN SENAT MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA (ISMKMI)