Langsung ke konten utama

Profil Institusi Wilayah I Edisi Januari 2015




STIKes HANG TUAH PEKANBARU

Jl.Mustafa Sari No.5 Tangkerang Selatan Pekanbaru

           Contact Person (telephone, website, sosial media)
§  Telpon           : (0761)33815,7077627
§  Website         : http//:www.hangtuahpekanbaru.ac.id
§  Email             : stikes.htp@gmail.com


Photo Institusi



GEDUNG 1 STIKes HANG TUAH PEKANBARU



GEDUNG 2 STIKes HANG TUAH PEKANBARU



Sejarah Institusi Berserta Sejarah Singkat Berdirinya FKM di Instutusi
Bermula dari ide bapak Gubernur Riau Saleh Djasit, SH yang ingin membuka Perguruan Tinggi dibidang Kesehatan yang belum ada dibuka di Provinsi Riau. Selanjutnya Gubernur melakukan rapat/pertemuan dengan pejabat terkait diantaranya wakil Gubernur Riau bapak Drs. Rustam S. Abrus, Rektor Universitas Riau Prof. Dr. Muchtar Ahmad, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dr. Zainal Abidin, MPH dan Direktur RSUD Provinsi Riau dr. H. Andi Zainal, Sp.PD. dalam rapat tersebut Gubernur meminta kepada Wakil Gubernur bertindak sebagai penanggung jawab.
Pada saat pertemuan itu pula Rektor Universitas Riau menghubungi langsung bapak Satryo Soemantri Brodjonegoro selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi untuk meminta izin membuka Prodi Kedokteran Umum di Universitas Riau, dan hasilnya mendapat dukungan positif dari Dirjen Dikti tersebut dengan catatan segala biaya baik sarana maupun prasarana seluruhnya ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Riau. Namun Pemerintah lebih memprioritaskan dengan membuka Fakusltas Kedokteran dan Ilmu Keperawatan Universitas Riau. Selanjutnya dr. Zainal Abidin, MPH berkeinginan agar Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Prodi Perekam dan Informatika Kesehatan (PIKES) tetap dibuka dengan dikelola oleh pihak swasta dibawah naungan suatu yayasan. Oleh karena keinginan tersebut mendapat dukungan dari Wakil GUbernur Riau maka dr. Zainal Abidin, MPH bersama Moh. Sukri, SH yang mana pada saat itu menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Dinas Kesehatan Provinsi Riau merencanakan teknis penyusunan Proposal Pendirian Prodi Baru dengan membentuk Yayasan dengan nama Yayasan Hang Tuah Pekanbaru berdasarkan Akta Nomor 38 Tahun 2001 Tanggal 09 November 2001 yang dibuat dihadapan Notaris Diti Kresnari Iskandar, SH yang berkedudukan di Pekanbaru.
Adapun pendiri yayasan tersebut terdiri dari Drs. H. Rustam S. Abrus, dr. Zainal Abidin, MPH, Drs. Tatang Tadjudin Mukti, M.Kes, Moh. Sukri, SH dan Drs. M. Tuah, SKM. Sebelum Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Pekanbaru tersebut berdiri bapak Drs. H. Rustam S. Abrus Meninggal Dunia pada tanggal 16 Juni 2002.
Dalam perkembangan yayasan selanjutnya berhubung (1) adanya undang-undang yayasan terbaru nomor 16 Tahun 2001, (2) Meninggalnya bapak Drs. Rustam S. ABrus, (3) Tidak aktifnya Drs. M. Tuah, SKM selama lebih kurang 2 (dua) tahun dalam pengelolaan yayasna dikarenakan dengan alas an yang tidak diketahui maka pada Hari Rabu tanggal 15 Desember 2004 pendiri yayasan mengadakan rapat evaluasi dengan menghasilkan keputusan untuk melakukan Perubahan Anggaran Dasar Yayasan Hang Tuah Pekanbaru Nomor 38 Tahun 2001 Tanggal 09 November 2001 yang dibuat dihadapan Notaris Diti Kresnari Iskandar, SH dengan Akta Nomor 142 tanggal 17 Desember 2004 dan dirubah kembali dengan Akta Nomor174 tanggal 31 Januari 2005 yang dibuat dihadapan Notaris Indah Retno Widayati, SH. Selanjutnya berdasarkan surat permohonan Notaris Indah Retno Widayati, SH. Selanjutnya berdasarkan surat permohonan Notaris Indah Retno Widayati, SH tersebut Nomor 16/NOT-IRW/I?2005 dan Nomor 35/NOT-IRW/II/2005 tanggal 17 Februari 2005 maka Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia mengeluarkan Surat Keputusan Pengesahan Akta Nomor C-291.HT.01.02.TH.2005 tanggal 09 Maret 2005 tentang Pendirian Yayasan Hang Tuah Pekanbaru.
Sejalan degan itu pula secara bertahap dilakukan pengembangan fasilitas-fasilitas yang mendukung penyelenggaraan pendidikan seperti gedung, laboratorium dan pengembangan SUmber Daya Manusia termasuk Dosen yang pembiayaannya bersumber dari mahasiswa, Pemerintah Provinsi Riau, Dikti, dan Kopertis.
Pada periode 2001 s/d 2006 Yayasan Hang Tuah Pekanbaru diketuai oleh dr. H. Zainal Abidin, MPH, dan dimulai pada Tahun 2002 STIKes Hang Tuah Pekanbaru berdiri yang diketuai oleh Drs. Tatang Tadjudin, Moh. Sukri, SH dan Ketua STIKes Hang Tuah Pekanbaru yang diketuai Drs. Tatang Tadjudin, M.Kes digantikan oleh dr. H. Zainal Abidin, MPH.
STIKes Hang Tuah Pekanbaru dimulai dengan membuka Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM), D3 {erekam dan Informasi Kesehatan (PIKES) pada tahun 2002. Dilanjutkan dengan pembukaan Program Studi S1 Ilmu Keperawatan dan D3 Kebidanan pada tahun 2006. Selanjutnya pada tahun 2009 dibuka pula Program Studi Pascasarjana Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat D3 Teknik Gigi.
Pada tahun 2009 Yayasan Hang TUah Pekanbaru juga membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Kesehatan (STMIK) Hang Tuah Pekanbaru yang diketuai oleh Muhardi, S.Kom s/d sekarang, dengan membuka jenjang Strata 1 Sistem Informasi (S1) dan Teknik Informatika (TI), sesuai dengan visi, misi, tujuan dan strategi pada masing-masing Pendidikan Tinggi, Yayasan Hang Tuah Pekanbaru menetapkan prinsip dasar yaitu, “Bekualitas dan lulus tepat waktu” dengan melaksanakan akreditasi secara menyeluruh. Untuk itu, maka Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Pekanbaru menyiapkan peserta didik menjadi masyarakat yang berkualitas, memiliki kemampuan akademik dan profesi serta vokasi, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian, serta mengupayakan penggunannya bagi masyarakat, bangsa dan Negara.

     Sejarah Bergabung di ISMKMI
STIKes Hang Tuah Pekanbaru mengenal ISMKMI berawal dari masa kepemimpinan M. Saipullah, dimana pada masa tersebut dikenalkan oleh korwil 1 ISMKMI Nilna Rahmi Isna, namun pada masa tersebut belum dipublikasikan secara maksimal kepada mahasiswa/i di STIKes Hang Tuah Pekanbaru, kemudian pada tahun 2011 pada masa kepemimpinan sekjen ISMKMI Nilna Rahmi Isna, kembali merangkul STIKes Hang Tuah Pekanbaru melalui Korda Sumbagteng yaitu Anggi Pramana dengan mengangangkat Puspito Raharjo sebagai wakorda Sumbagteng pada masa tersebut. Namun, kembali pada masa kepemimpinan tersebut ISMKMI tidak maksimal dipublikasikan karena kurangnya perhatian dari mahasiswa sendiri, dan dari pihak STIKes Hang Tuah Pekanbaru belum memahami pasti mengenai organisasi ini. Kemudian, pada masa kepemimpinan Saipullah ISMKMI kembali diperkenalkan oleh korwil 1 Maswardian Putra, yang dengan semangatnya mendatangi institusi-institusi untukmerangkul kembali Institusi kesehatan masyarakat di Sumatera.
Kedatangan Korwil 1 Maswardian Putra dan Korda Aceh membangkitkan kembali semangat ISMKMI di STIKes Hang Tuah Pekanbaru, memperkenalkan kepada pengurus HIMA IKM di STIKes Hang Tuah Pekanbaru, dengan adanya itu menjadi awal kembali untuk STIKes Hang Tuah Pekanbaru bergabung di ISMKMI bersama-sama menyatukan gerakan dan semangat untuk Indonesia sehat. Setelah kedatangan Korwil 1 tersebut, sekretaris HIMA IKM 2013-2014 Nirmala memperjuangkan ISMKMI di STIKes Hang Tuah Pekanbaru dengan memperkenalkan ke pihak Prodi IKM dan STIKes Hang Tuah Pekanbaru, dan juga beliau memberikan semangat kepada rekan-rekan mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk menghidupkan ISMKMI di STIKes Hang Tuah Pekanbaru, bahkan tidak hanya di STIKes Hang Tuah Pekanbaru niat dari beliau tetapi untuk Riau, dimana bersama-sama menyatukan pergerakan untuk Riau, dimana selalu beliau ucapkan untuk ISMKMI di STIKes Hang Tuah Pekanbaru “Ini kita, ini organisasi kita bersama, bersama-sama menyatukan pergerakkan, menyatukan semangat untuk Indonesia”. Dengan tidak mengenal lelah, beliau selalu merangkul rekan-rekan HIMA IKM untuk ikut serta di ISMKMI, membangun semangat ISMKMI di STIKes Hang Tuah Pekanbaru, setiap orang berkata setelah beliau kenalkan, kami tidak tahu apa-apa, tetapi beliau berkata “karena kita tidak tahulah, maka kita harus bergabung untuk menjadi tahu dan bersatu dengan rekan-rekan mahasiswa/i kesehatan masyarakat se-Indonesia” Dengan demikian semangat rekan-rekan mahasiswa STIKes Hang Tuah Pekanbaru meningkat, terbukti dengan agenda Musyawarah Wilayah 1 di Palembang yang dihadiri oleh 2 orang delegasi dari STIKes Hang Tuah Pekanbaru yaitu Nirmala dan Febrina Ramadhani, kemudian pada agenda Rakorda Sumbagteng ISMKMI Wilayah 1 juga dihadiri oleh mahasiswa STIKes Hang Tuah Pekanbaru sejumlahn 20 orang, kemudian pada agenda Rapimwil di Medan juga di hadiri oleh 2 orang delegasi yaitu Nirmala dan Nopianto. Kemudian STIKes Hang Tuah Pekanbaru menjadi tuan rumah BToPH Sumbagteng-Riau dengan dihadiri seluruh institusi kesehatan masyarakat di Riau dengan jumlah peserta 229 peserta. Sebelum itu juga, kegiatan-kegiatan lainnya juga dilaksanakan sesuai arahan dari nasional, seperti memperingati Hari Kesehatan Nasional, Hari HIV/AIDS se Dunia, Hari Tanpa Tembakau Sedunia, dan lain sebagainya.

      Fasilitas
Adapun fasilitas yang dimiliki STIKes Hang Tuah Pekanbaru
1)        Ruang kuliah full AC
2)        Pepustakaan
3)        Sarana olahraga
4)        Sarana ibadah
5)        Free Hotspot (Internet 24 jam)
6)        Parker basement
7)        Laboratorium computer
8)        Laboratorium bahasa
9)        Laboratorium mikrobiologi
10)    Laboratorium parasitologi
11)    Laboratorium kimia
12)    Laboratorium keperawatan
13)    Laboratorium rekam medis
14)    Teknik gigi

     Peminatan
STIKes Hang Tuah Pekanbaru Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat memiliki 8 Peminatan yang meliputi :
1)        Kesehatan Lingkungan
2)        Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku
3)        Keselamatan dan Kesehatan Kerja
4)        Manajemen Rumah Sakit
5)        Gizi Kesehatan Masyarakat
6)        Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
7)        Epidemiologi
8)        Kesehatan Reproduksi

       Prestasi institusi
1)      Juara 3 Futsal di Fresh Unand (Fresh 4, Fresh 5, Fresh 6)
2)      Juara Favorite Poster pada Fresh 6
3)      Juara 2 speech contest pada Fresh 6
4)      Juara 2 BNN se Provinsi Riau
5)      Juara 1 Tenis Meja
6)      Juara 2 cerdas cermat




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo ISMKMI

LOGO ISMKMI

VISI & MISI ISMKMI

VISI-MISI SEKJEND ISMKMI PERIODE 2013-2015   VISI “—Menjadikan ISMKMI sebagai IOMS ujung tombak dalam proses Pembangunan Nasional khususnya dalam bidang Kesehatan Masyarakat.”   MISI Menjadikan kesatuan Institusi Kesmas menjadi landasan arah gerak. Menjadikan ISMKMI organisasi yang berperan optimal dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Memberikan ISMKMI dan anggotanya Kemanfaatan.

KWU ISMKMI OPEN PO

[KWU ISMKMI OPEN PO] hai para Public Health Fighter! Ngaku cinta ISMKMI? Tiap kegiatan bingung mau pakai baju apa? Kami punya solusinya! 🌈 KWU ISMKMI menyediakan : Baju PDH ISMKMI (kemeja) UNGU : untuk pengurus ISMKMI (money)Panjang 120k (money)Pendek 115k dengan ukuran >> M 54x74 L 56x76 XL 58x78 XXL 62x80 Untuk pemesanan lebih lanjut hubungi Kadiv Danus tiap wilayah for more information Windra - 082186554175 (Nasional) regipj - 082284189924 (kwu wil.1) Close order : 10 Agustus 2018 [FORMAT PEMESANAN] 1. Nama: 2. Wilayah dan asal institusi: 3. Ukuran : 4. Panjang/pendek: 5. Jabatan di ISMKMI : Pengurus Nasional/Wilayah/Daerah 6. Alamat : 7. No HP : ____ DIR. KEWIRAUSAHAAN IKATAN SENAT MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA (ISMKMI)